Sejarah Singkat Balap Sepeda

Balap Sepeda ialah sebuah olahraga balap yang pemainnya memakai sepeda untuk berkompetisi bersama Pesepeda lainnya untuk mencapai garis Finish.

Sepeda yang ada kini tidaklah begitu saja ditemukan, tapi melalui beberapa tahap inovasi yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu yang memimpikan adanya alat transportasi pribadi.

Seperti yang ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah semenjak awal periode ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang berdiri kendaraan dua roda.

Adalah seorang Jerman berjulukan Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn menciptakan alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan sepertinya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.

 Balap Sepeda ialah sebuah olahraga balap yang pemainnya memakai sepeda untuk berkomp Sejarah Singkat Balap Sepeda
Sepeda karya Karl Drais
Kemudian pada tahun 1885, untuk pertama kalinya sepeda ditemukan tepat menyerupai dengan yang ada kini ini oleh seseorang yang bernamakan J.K Starley, seseorang yang berasal dari negara Inggris. Pada ketika itu sepeda ditemukan dengan rantai dan mempunyai gerigi. Semenjak inovasi dari Starley, sepeda pada zaman tersebut mulai terkenal di kalangan masyarakat. Selain gampang dan praktik dalam cara penggunaannya sepeda sendiri ekonomis tanpa memakai materi bakar, dan pada ketika itul juga mulai muncul satu-persatu model--model dari sepeda gres yang dapat di pakai oleh kebanyakan orang.

Dari situ mulailah sebuah pandangan gres untuk mengadakan sebuah kompetisi untuk balap sepeda. Tetapi pada zaman tersebut kompetisi dari balap sepeda sendiri masih ada di negara Inggris, Belanda, dan negara Eropa yang lainnnya, dimana pada negara tersebut merupakan daerah terciptanya majemuk jenis sepeda baik untuk kompetisi ataupunn hanya untuk transportasi saja.

Balap sepeda jalan raya mulai menjadi olahraga terorganisir pada tahun 1868. Kejuaraan dunia pertama diadakan pada tahun 1893 dan bersepeda telah menjadi bab dari Olimpiade semenjak era modern dimulai di Athena pada tahun 1896.

Balap sepeda jalan raya pada mulanya berawal di simpulan periode ke-19. Olah raga ini terkenal di wilayah Eropa Barat menyerupai Prancis, Spanyol, Belgia, dan Italia. Beberapa balap pertama di Eropa masih menjadi event balap sepeda terbesar ketika ini. Balapan tersebut mencakup Liège–Bastogne–Liège (dimulai tahun 1892), Paris–Roubaix (1896), Tour de France (1903), Milan – San Remo dan Giro di Lombardia (1905), Giro d'Italia (1909) dan Tour of Flanders (1913).

Balapan ini menjadi percontohan bagi balap lain di seluruh dunia. Saat olahraga ini tersebar ke seluruh dunia, balapan bersejarah ini masih menjadi balap paling bernilai untuk dimenangkan seorang pembalap.

Dalam sejarah, negara-negara yang menghasilkan pembalap sepeda paling kompetitif ialah Belgia, Kolombia, Denmark, Prancis, Jerman, Italia, Luxembourg, Belanda, Portugal, Spanyol dan Swiss, namun sejalan dengan popularitas olahraga tersebut, negara menyerupai Kazakhstan, Australia, Venezuela, Rusia, Slowakia, Afrika Selatan, Selandia Baru, Norwegia, Britania Raya, Irlandia, Polandia dan Amerika Serikat terus memproduksi pembalap sepeda kelas dunia.

Di Indonesia, kejuaraan balap sepeda jalan raya yang secara rutin diselenggarakan dan masuk dalam kalender balap internasional ialah Tour de Singkarak, Tour d'Indonesia, Tour de Ijen, dan Tour de East Java.


Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tingkatan-Tingkatan Dalam Sekolah Tinggi Pencak Silat Merpati Putih

Jurus Khas Dan Jurus Pertandingan Tapak Suci

Makna Warna Sabuk Persinas Asad